Cara Penyimpanan Asi Agar Tahan Lama Dan Tetap Layak Dikonsumsi

Cara Penyimpanan Asi Agar Tahan Lama Dan Tetap Layak Dikonsumsi

Asi merupakan makanan terbaik untuk bayi. Asi akan lebih steril jika diberikan oleh ibunya melalui proses menyusu langsung atau yang lebih dikenal dengan breast feeding. Proses breast feeding ini jauh lebih menyenangkan ketika dilakukan degan sepenuh hati. Namun apakah yang akan Anda lakukan ketika terpaksa bayi harus Anda tinggal bekerja? Apakah akan menghentikan pemberian Asi? Tentu saja jawabannya adalah tidak. Asi masih tetap bisa diberikan kepada bayi selama ibu bekerja. Asi dapat tetap diberikan kepada bayi asalkan ibu tahu bagaimana cara penyimpanan asi agar tahan lama meskipun ibu tinggal bekerja selama seharian penuh. Sehingga meskipun ibu bekerja pemberian asi masih bisa berlanjut.

Berikut ini adalah cara penyimpanan asi agar tahan lama selama ibu tinggal bekerja di luar rumah:

  • Pilih kemasan penyimpanan khusus untuk Asi. Anda bisa pilih antara botol kaca maupun botol plastik khusu. Sebaiknya hindari menyimpan asi dengan menggunakan botol plastik yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Sebab jika Anda menyimpan dalam botol plastik yang juga digunakan untuk menyimpan lainnya maka asi hasil perahan Anda akan menjadi terkontaminasi dan menjadi kurang sehat untuk dikonsumsi. Botol plastik tersebut tentu saja menyisakan bakteri yang dapat membuat asi menjadi cepat rusak.
  • Lakukan steriisasi terlebih dahulu supaya botol penyimpanan menjadi bebas dari bakteri maupun jamur yang berpotensi merusak kondisi kesegaran asi serta membuaut asi menjadi tidak layak lagi untuk dikonsumsi oleh bayi Anda.

Nah, itu tadi adalah cara penyimpanan asi agar tahan lama supaya pemberian asi masih bisa dilanjutkan meskipun ibu sedang bekerja di luar rumah selama seharian penuh. Pemberian asi ketika ibu bekerja juga masih bisa diteruskan dengan menggunakan asi perah yang disimpa dengan cara yang benar. Ibu bisa mempersiapkan asi perah tersebut jauh-jauh hari sebelum ibu kembali bekerja di kantor. Tentu saja dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari maka stok asi Anda akan menjadi cukup ketika ditinggalkan di luar rumah untuk bekerja.