Model Jaket Pria Boomber

 Model Jaket Pria Boomber Fashion pria memang lebih sederhana daripada fashion wanita. Item fashion yang ditujukan untuk pria tidak memiliki banyak varian model dan warna seperti halnya item fashion yang umumnya digunakan oleh para wanita. Warna yang paling umum untuk item fashion pria biasanya meliputi warna-warna dasar seperti putih, hitam dan biru. Selain itu, item fashion pria juga tidak sebanyak item fashion wanita. Umumnya, pria sudah merasa nyaman hanya dengan memakai kaos, celana denim dan jaket. Meski begitu, jaket adalah item fashion yang mendapat perhatian khusus dari kaum pria. Ada banyak model jaket pria yang bertebaran di katalog majalah fashion yang menjadi referensi gaya berpakaian untuk pria. Salah satu jenis jaket yang umumnya digunakan oleh kaum pria adalah jaket bomber. Di Indonesia, jaket bomber mulai mencuat di pasaran dan menjadi item fashion yang laris manis sejak dipakai oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Meski pun di Indonesia jaket bomber baru terkenal beberapa bulan terakhir, jaket bomber memiliki sejarah panjang yang akan dijelaskan di bawah ini.

Sejarah Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan model jaket pria yang kerap disebut dengan nama flight jacket karena dulu jaket bomber dikenakan oleh para pilot penerbang pesawat pembawa bom atom pada jaman Perang Dunia I. Jaket ini pertama kali dibuat pada tahun 1915 di negara Eropa khususnya Inggris, Perancis dan Belgia. Pada saat itu kokpit pesawat terbang tidak memiliki penutup sehingga para pilot membutuhkan pakaian yang hangat untuk menghangatkan tubuh mereka ketika terbang di angkasa. Jaket bomber pertama kali diciptakan oleh perusahaan Aviation Clothing Board dan terbuat dari bahan kulit.

Jaket bomber pun menjadi seragam khusus bagi para pilot semasa perang. Ketika Perang Dunia II berkecamuk model jaket pria ini diproduksi secara massal oleh Leslie Irvin untuk para tentara Perang Dunia II yang tergabung dalam Royal Air Force milik Inggris. Bagian luar dari jaket bomber terbuat dari kulit dan bagian dalamnya terbuat dari bulu domba yang akan memberikan kehangatan pada pemakainya.

Perkembangan Jaket Bomber

Seiring berjalannya waktu jaket bomber tidak hanya menjadi model jaket pria untuk berperang saja. Jaket bomber semakin di variasi dari segi bahan, warna dan juga desainnya. Jaket bomber juga tidak hanya digunakan untuk keperluan berperang saja tetapi menjadi item fashion yang modis dan keren untuk pria. Pada tahun 1970-an jaket bomber digunakan oleh kalangan anak muda di Amerika sebagai gaya berpakaian scooterboys dan skinhead. Pada tahun 1993, jaket bomber menjadi kostum nasional Amerika Serikat yang digunakan pada pertemuan APEC di Seattle, Washington. Memasuki tahun 2000-an jaket bomber digunakan oleh para detektif di kepolisian Amerika dengan desain yang lebih kokoh.