Berbagai Macam Informasi Karya Seni Rupa Murni 3 Dimensi

Karya seni rupa murni 3 dimensi atau biasa disebut dengan seni rupa 3D, merupakan salah satu jenis seni rupa yang dibatasi dengan adanya 3 sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar, ataupun dengan sisi dalam. Untuk pengertiannya yaitu seni rupa 3D memiliki volume dan ada di dalam sebuah ruang. jika untuk seni rupa 2 dimensi hanya memiliki dua jenis batas pada setiap sisinya, yaitu hanya sisi panjang dan sisi lebar saja. Itulah yang menjadi perbedaan antara seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi. Unsur – unsur yang ada pada seni rupa 3 dimensi yaitu seperti memiliki panjang lebar dan tinggi, dapat menempati ruang, dan selanjutnya dapat dilihat dari semua sudut pandang.

Karya seni rupa murni 3 dimensi juga memiliki jenis, karena untuk pembuatan seni rupa 3 dimensi terbagi akan menjadi 2 bagian, untuk fungsi dan tujuan seni rupa tersebut yaitu karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan. Seni rupa murni disini memiliki karya seni yang tercipta bebas dengan memiliki fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi, sebagai kepuasan mengenai pandangan mata saja, dan biasanya juga hanya sebagai pajangan saja. selanjutnya untu jenis seni rupa terapan merupakan salah satu karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, namun disisi lain juga memiliki fungsi sebagai membantu kehidupan manusia. Fungsi dari seni rupa terapan juga lebih mengutamakan kegunaan, dibanding dengan keindahaannya saja.

Teknik – teknik dalam karya seni rupa murni 3 dimensi yang ada di Indonesia juga memiliki bahan ataupun media yang berbagai macam dalam pembuatan seni rupa 3 dimensi, sebuah juga berdasarkan atas lingkungan daerah tersebut. Teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan karya seni 3 dimensi yaitu seperti teknik aplikasi. Dimana teknik aplikasi ini sebuah karya hias yang digunakan dalam seni jahit, dengan menempelkan beberapa macam jenis kain yang sudah digunting, dan hal ini berfungsi sebagai hiasan. Selanjutnya teknik mozaik, dimana teknik mozaik ini teknik menggambar dengan menggunakan bentuk geometris tertentu, bentuk geometris juga digunakan sebagai pengganti bahan pewarna.